Igor Sikorsky lahir tanggal 25 Mei 1889, di kiev (Ukraina), dia merupakan salah satu pelopor atau penemu dari Helikopter.
Igor merupakan anak bungsu dari lima bersaudara. Ayahnya, Ivan
Alexeevich Sikorsky adalah Seorang profesor psikologi, keturunan
Polandia - Rusia. Ivan adalah anak dan cucu dari pendeta Ortodoks Rusia.
Ibu Igor Sikorsky, Mariya Stefanovna Sikorskaya adalah seorang dokter,
igor sangat menyukai seni, terutama dalam kehidupan dan karya Leonardo
da Vinci, dan cerita Jules Verne.
Pada
tahun 1900, pada usia 11 tahun, ia menemani ayahnya ke Jerman dan
melalui percakapan dengan ayahnya, ia menjadi tertarik dalam ilmu alam.
Setelah kembali ke rumah, Sikorsky mulai bereksperimen dengan mesin
model yang terbang, dan pada usia 12, ia telah membuat pita karet kecil
bertenaga helikopter. Sikorsky mulai belajar di Naval Academy, Saint
Petersburg Rusia, pada tahun 1903, di usia 14. Pada 1906, dia menetapkan
bahwa masa depannya terletak pada teknik, sehingga ia mengundurkan diri
dari Akademi, meskipun prestasinya di akademi memuaskan, dan ia
meninggalkan Rusia untuk belajar di Paris. Ia kembali ke Rusia pada
tahun 1907, mendaftar di Sekolah Tinggi Teknik (Institut Politeknik
Kiev). Setelah tahun akademik, Sikorsky kembali menemani ayahnya ke
Jerman pada musim panas 1908, di mana ia belajar tentang karya Wright
bersaudara, Sikorsky kemudian mengatakan bahwa:
" Dalam dua puluh empat jam, saya memutuskan untuk mengubah pekerjaan hidup saya, saya akan mempelajari penerbangan.. "
Dengan
dukungan keuangan dari adiknya Olga, Sikorsky kembali ke Paris pada
1909 untuk mempelajari aeronautika di Sekolah Penerbangan "Ecole des
Teknik Aéronautiques et de Konstruksi Automobile ( ETACA )" dan membeli
suku cadang pesawat. Pada saat itu, Paris merupakan pusat dunia
penerbangan. Sikorsky bertemu dengan para perintis penerbangan, dan
meminta mereka menjawab pertanyaan tentang pesawat dan terbang. Pada
bulan Mei 1909, ia kembali ke Rusia dan mulai merancang helikopter
pertamanya, ia mulai menguji pada bulan Juli 1909. Meskipun kemajuan
dalam menyelesaikan masalah teknis kontrol, Sikorsky menyadari bahwa
pesawatnya tidak akan pernah terbang. Dia akhirnya membongkar pesawat
rancangannya pada bulan Oktober 1909.
"Aku sudah cukup belajar untuk menyadari bahwa dengan keadaan yang ada dari seni, mesin, bahan, dan dari semua itu mulai dari kekurangan uang dan kurang pengalaman... Saya tidak akan mampu menghasilkan sebuah helikopter yang saya impikan"
Pada awal tahun 1912 , Igor Sikorsky menjadi
Chief Engineer dari divisi pesawat untuk Russko Baltiisky Vagonny ZAVOD
atau R-BVZ di Saint Petersburg. Karyanya di R-BVZ termasuk konstruksi
mesinm empat pesawat pertama, S-21 Russky Vityaz, yang disebut Le Grand.
Dia juga menjabat sebagai penguji coba penerbangan pertama pada 13 Mei
1913. Dalam pengakuan atas prestasinya, ia dianugerahi gelar kehormatan
di bidang teknik dari Saint Petersburg Politeknik Institut pada tahun
1914. Sikorsky mengambil pengalaman dari gedung Vityaz Russky untuk
mengembangkan S-22 pesawat Muromets Ilya. Karena pecahnya Perang Dunia
I, ia mendesain ulang pesawat pembom pertama di dunia yang bermesin
empat, yang dihiasi dengan Ordo St Vladimir.
Setelah Perang Dunia
I, Igor Sikorsky hanya sebentar menjadi seorang insinyur bagi pasukan
Prancis di Rusia, selama Perang Saudara Rusia. Ia Melihat sedikit
kesempatan untuk dirinya menjadi seorang desainer pesawat dalam perang di
Eropa, dan terutama Rusia, kemudian, ia beremigrasi ke Amerika Serikat,
dan tiba di New York pada tanggal 30 Maret 1919.
Di Amerika
Serikat, Sikorsky pertama kali bekerja sebagai guru sekolah dan dosen,
sambil mencari kesempatan untuk bekerja di industri penerbangan. Pada
tahun 1932, ia bergabung dengan fakultas dari Universitas Rhode Island
untuk membentuk program Aeronautical Engineering dan tetap dengan
Universitas sampai tahun 1948. Dia juga kuliah di University of
Bridgeport.
Pada tahun 1923, Sikorsky membentuk Manufacturing
Company Sikorsky di Roosevelt, New York. Dia dibantu oleh beberapa
mantan perwira militer Rusia. Di antara pendukung Sikorsky adalah Sergei
Rachmaninoff, yang memperkenalkan diri dengan menulis cek sebesar US $
5.000 atau sekitar $61.000 pada tahun 2007. Meskipun prototipe rusak
dalam tes penerbangan pertama, Sikorsky membujuk pendukung untuk
menginvestasikan $ 2.500. Dengan dana tambahan, ia menghasilkan S-29,
salah satu pesawat bermesin ganda pertama di Amerika, dengan kapasitas
untuk 14 penumpang dan kecepatan 115 mph. Kinerja S-29, lambat
dibandingkan dengan pesawat militer tahun 1918.
Pada tahun 1928,
Sikorsky menjadi warga negara naturalisasi Amerika Serikat.
Manufacturing Company Sikorsky kemudian pindah ke Stratford, Connecticut
pada tahun 1929. dan menjadi bagian dari United Aircraft dan
Transportasi (sekarang United Technologies Corporation ) pada bulan Juli
tahun itu. Perusahaan ini memproduksi kapal terbang, seperti "Clipper"
42-S, digunakan oleh Pan Am untuk penerbangan trans-Atlantik.
Sementara
itu, Sikorsky juga terus bekerja pada penerbangan vertikal sebelumnya .
Pada tanggal 14 Februari 1929, ia mengajukan hak paten untuk aplikasi
"lift direct" untuk pesawat amfibi. Pada tanggal 27 Juni 1931, Sikorsky
mengajukan paten untuk yang lain "direct lift aircraft", dan
dianugerahi paten nomor 1.994.488 pada tanggal 19 Maret 1935 atas desain
rencanganya. dan pada akhirnya, Sikorsky sukses dengan VS-300 mengarah
ke R-4, yang menjadi helikopter massal pertama di dunia yang diproduksi
pada tahun 1942. VS-300 akhirnya oleh Sikorsky di konfigurasi
menggunakan rotor, yang terdiri dari sebuah rotor utama tunggal dan
rotor ekor antitorque tunggal, dan menjadi salah satu model helikopter
yang paling populer, yang paling banyak digunakan dalam produksi
helikopter saat ini dan Sikorsky di sebut sebut sebagai penemu
helikopter modern.
Sikorsky menikah dengan Olga Fyodorovna
Simkovitch di Rusia. Mereka bercerai dan Olga tetap di Rusia dengan
putri mereka dan Sikorsky berangkat ke amerika menjelang Revolusi
Oktober. Sikorsky menikah Elisabeth Semion pada tahun 1924, di New York,
Sikorsky dan Elisabeth kemudian memiliki empat putra Sergei, Nikolai,
Igor Jr dan George.
Sikorsky meninggal di rumahnya di Easton,
Connecticut, pada tanggal 26 Oktober 1972, dan dimakamkan di Pemakaman
Saint Yohanes di Stratford. Sikorsky telah ditetapkan sebagai
Connecticut Aviation Pioneer oleh Legislatif Negara Connecticut.
Sikorsky Aircraft Corporation di Stratford Connecticut, sampai dengan
hari ini menjadi salah satu produsen terkemuka di dunia helikopter, dan
sebuah bandara kecil di dekatnya telah bernama Bandara Memorial
Sikorsky.